Jumat, 02 Desember 2011

Serbersit Makna Motivasi


Motivasi adalah proses yang menjelaskan  intensitas,  arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.
Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu.
Pengertian  motivasi yang berkembang di masyarakat seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi.
Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.
Motivasi seseorang pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu :
  1. Motivasi Instrinsif  yaitu : Motivasi yang bersumber dari dalam diri sediri terkait dengan tujuan yang ingin dicapai.
  2. Motivasi Ekstrinsif  yaitu : Motivasi yang berasal dari luar dirinya yang kadang kadang tidak terkait langsung dengan tujuan yang ingin dicapai.
Antara kedua motivasi itu, motivasi instrinsif akan lebih memegang peranan dari pada motivasi eksrinsif. Akan tetapi jika keduanya berjalan besama akan sangat menguntungkan, mempercepat tercapainya tujuan yang diinginkan.
Marilah kita bangkitkan dan kobarkan motivasi untuk menyongsong datangnya tujuan dan harapan yang  kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar