Jumat, 09 Juli 2010

Modul Kimia klas X.

1. Kalian sudah tahu kan, unsur – unsur yang tercantum dalam tabel periodik ada 100an. Bagaimana unsur – unsur tersebut dapat membentuk jutaan senyawa dan bahkan benda yang tak terhitung jenisnya?
Ya, seperti kata – kata dalam buku ini yang jumlahnya ribuan dan membentuk begitu banyak kalimat, hanya terbentuk dari 26 huruf. Demikian juga benda - benda yang ada di bumi tersusun dari hanya sedikit unsur yang kalian kenal. Unsur – unsur ini saling bergabung membentuk senyawa, kumpulan senyawa dan akhirnya benda – benda seperti kertas, gajah dan kalian sendiri.
Mengapa benda – benda ini begitu berbeda? Mengapa belerang sangat rapuh dan tidak dapat ditempa seperti besi? Mengapa lilin meleleh jika dibakar, sedangkan kertas atau kayu tidak? Mengapa air dapat membeku menjadi es? Mengapa kita menggunakan grafit untuk pensil, bukan arang atau intan padahal ketiganya sama – sama karbon?
Sama seperti, setiap kata dan kalimat yang memberi arti berbeda tergantung pada bagaimana kalian merangkainya, sifat – sifat benda atau senyawa juga tergantung pada unsur dan bagaimana cara unsur itu bergabung. Dalam bab ini kita akan mempelajari mengapa dan bagaimana setiap unsur bergabung membentuk senyawa. 
Untuk membaca lengkap bahan ajar kimia "Ikatan Kimia" dapat Klik disini


2. Saat Kalian melihat batuan yang tidak biasa, cangkang hewan laut yang bagus, kristal salju, daun yang memerah, karat, plastisin, kuku, rambut, bahkan juga kertas, kapas, sirup, nata de coco, atau compact disk (CD) dan baterei isi ulang, Kalian mungkin pernah bertanya terbuat dari apakah benda – benda ini.
Tahukah Kalian pertanyaan itu telah menggelitik manusia sejak lama. Sejak dulu orang telah bertanya, menduga, dan memperkirakan apa yang menyusun benda – benda di sekitarnya, dan juga tubuhnya sendiri.
Bangsa Yunani kuno percaya bahwa segala sesuatu tersusun atas empat unsur dasar, yaitu air, udara, tanah, dan api. Sifat setiap benda tergantung bagaimana komposisi unsur – unsur ini disusun.
Pada abad ke – 17, seorang ilmuwan Inggris, Robert Boyle, mengemukakan bahwa setiap unsur tersusun atas partikel yang sederhana, dan tidak tersusun atas unsur yang lain. Pernyataan inilah yang mendasari berkembangnya konsep atom, penyusun unsur, hingga sekarang. Kita akan mempelajari bagaimana konsep atom berkembang dari yang paling sederhana hingga konsep yang kita terima sekarang dalam bab ini.
Untuk membaca lengkap bahan ajar Kimia "Struktur atom dan SPU" dapat klik disini   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar